RT/RW-Net

rtrwnetKami siap melakukan pembangunan koneksi Internet di wilayah kampung Anda atau yang lebih dikenal dengan RT/RW-Net. Anda bebas berkonsultasi dengan kami melalui Facebook, Twitter, SMS, YM, atau lainnya tanpa adanya biaya. Setelah berkonsultasi dengan kami, maka akan kami buatkan penawaran harga yang sesuai dengan kondisi yang akan dibangun. Mengapa demikian? Ya, karena setiap kampung atau wilayah kondisinya pasti berbeda, mungkin ada yang memerlukan pendirian tower atau cukup menggunakan pipa besi dan lainnya.

Bagaiman sih konsepnya?

Pembangunan RT/RW-Net tidak memerlukan sebuah ruangan khusus untuk server, karena hanya akan menggunakan RouterBoard MikroTik yang ukurannya minimalis, namun dalam kondisi tertentu mungkin memerlukan ruangan khusus. Kemudian setelah dilakukan routing akan disebarkan ke tetangga yang ingin berlangganan, baik melalui media kabel maupun nirkabel (wireless) dengan frekuensi 2.4 Ghz. Untuk sumber koneksi Internet, Anda bisa menggunakan ISP yang tersebar di Indonesia. Nah, sistem pembayaran bulanan nanti menggunakan sistem iuran, misalnya Anda berlangganakan koneksi Internet 1 Mbps dengan harga Rp 600.000/bulan kemudian warga yang bergabung ada 10 orang, maka setiap warga hanya dibebankan biaya bulanan sebesar Rp 60.000. Harga tersebut sudah termasuk murah dikarenakan koneksi Internet online selama 24 jam tanpa adanya batasan quota.

Apa yang harus dipersiapkan?

Seperti yang sempat disinggung pada penjelasan konsep, RT/RW-Net tidak membutuhkan ruangan khusus. Hanya saja untuk peletakkan perangkat jaringan sebisa mungkin berada di tengah wilayah kampung tersebut, agar untuk penyebaran koneksi lebih terjangkau untuk semua warga. Persiapkan juga sebuah lahan atau minimal tempat yang memadai, jika akan menggunakan tower agar dapat meletakkan. Sebagian besar RT/RW-Net di Indonesia membutuhkan tower dikarenakan untuk fleksibilitas maintenance perangkat jaringan wireless.

Silahkan konsultasikan kepada kami untuk mendapatkan penawaran perangkat dan biaya yang dibutuhkan.